Config NetLoop VPN Android work 30 Maret 2016

Di artikel sebelumnya saya sudah membagikan config HTTP INJECTOR Unlock SSH untuk ISAT, jika belum download, ikuti link berikut ini http://...

Hukum Tato Menurut Islam

00:10:00
Dalam posting ini saya akan membahas tentang TATOO, Sebelumnya apa sih tatoo itu?? dan bagaimana hukum mentato bagian tubuh bagi umat muslim khususnya.


Tato adalah : Membuat gambar atau rajah pada bagian tubuh secara permanen. Biasanya tato merupakan ID atau tanda suatu organisasi dengan gambar yang telah di tentukan.

Hukum tato : Hukum tato menurut islam yaitu haram, kok bisa? tato adalah suatu perbuatan yang dilarang oleh agama islam karena bertato berarti kita sudah merubah pemberian dari Allah SWT atau dengan kata lain kita tidak mensyukuri apa yang telah diberikan oleh-Nya. Seperti diriwayatkan dalam hadits di bawah ini

"Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam beliau bersabda: “Allah Subhanahu wa Ta’ala melaknati wanita yang menyambung rambutnya, dan yang meminta untuk disambungkan, wanita yang mentato dan meminta ditatokan.” (Shahih, HR. Al-Bukhari no. 5933 dan dari sahabat Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma no. 5937)"

Berdasarkan hadist diatas, maka jelaslah bahwasanya Allah SWT, melalui Rasulnya Muhammad SAW, telah melarang setiap muslim (orang Islam) untuk menyambung rambut, merenggangkan gigi termasuk mengikir atau memotong gigi serta membuat tato (rajah) di bagian tubuh manapun, karena perbuatan seperti ini termasuk perbuatan yang menyakiti diri sendiri, merubah apa yang Allah karuniakan kepada kita dan termasuk tidak mensyukuri apa yang Allah telah berikan dan amanahkan kepada kita.


Jadi kesimpulannya ada pada kita masing-masing, apakah kita akan tetap membiarkan tato menempel pada diri kita atau kita harus menghapusnya. Tapi apakah setelah di hapus ibadah kita akan langsung di terima oleh-Nya. WALLOHU A'LAM BISSOWAB

Ditulis Oleh : ARIF'S ~ Arif Wong Ndeso

Anda sedang membaca sebuah artikel yang berjudul

Hukum Tato Menurut Islam

URL : http://news.arifwongndeso.web.id/2010/07/hukum-tato-menurut-islam.html

Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk anda, Mohon maaf apabila konten yang anda baca rusak atau salah dalam penulisan. Jika ada pertanyaan, kritik, dan saran yang ingin di sampaikan silahkan tulis di kotak komentar

:: Terima Kasih, TTD: Arif Wong Ndeso ::

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Rekomendasi Untuk Anda close button minimize button maximize button

21 comments

Write comments
wiz
AUTHOR
10 July 2010 at 00:59 delete

banyak yg pake tato cuma buat keren-kerenan doang sebenernya...gak tau tentang hukum dan sebagainya..

Reply
avatar
kartu kredit
AUTHOR
10 November 2010 at 17:35 delete

Enak jadi tukang tato..ya sobb..bisa nato dimana-mana...hehehe, mantabbb

Reply
avatar
HERIS
AUTHOR
3 March 2011 at 20:07 delete

izin cpy paste yh,,,,?

Reply
avatar
ARIF'S
AUTHOR
3 March 2011 at 20:56 delete

@HERIS
silahkan sob, tapi saya berharap link paling bawah jangan di hapus ya

Reply
avatar
nur
AUTHOR
26 March 2011 at 15:33 delete

apakah menggambar di tangan maupun lengan tergolong TATO?

Reply
avatar
ARIF'S
AUTHOR
26 March 2011 at 23:37 delete

@nur tergantung gambarnya permanen atau tidak, kalau tidak permanen berarti gambarnya kan bisa hilang. menurut saya itu bukan tato. tapi ada juga yang bilang apabila gambar itu lebih dari 1 hari gambar tersebut dikategorikan tato. semoga bermanfaat

Reply
avatar
udin
AUTHOR
13 April 2011 at 01:27 delete

ada penjelasan lain gak ttg hukumnya beratto dlm islam? bagaimana jika tatto d tujukan untuk mengabadikan moment tertentu dlm hidup?

Reply
avatar
Vi-Vi Link
AUTHOR
1 June 2011 at 19:15 delete

Aduh jd takud klw dh tau hukumnya begini...pdhal saia pingin natto hihiihih

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
13 September 2011 at 15:11 delete

mau tanya ada hadis ga yang mnjelaskan bila punya tato ibadahnya ga di terima. thanks

Reply
avatar
ARIF'S
AUTHOR
13 September 2011 at 17:42 delete

@Anonymous عَنْ عَبْدِ اللهِ قَالَ: لَعَنَ اللهُ الْوَاشِمَاتِ وَالْمُسْتَوْشِمَاتِ وَالْمُتَنَمِّصَاتِ وَالْمُتَفَلِّجَاتِ لِلْحُسْنِ الْمُغَيِّرَاتِ خَلْقَ اللهِ تَعَالَى، مَالِي لاَ أَلْعَنُ مَنْ لَعَنَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهُوَ فِي كِتَابِ اللهِ:

Dari Abdullah radhiyallahu ‘anhu beliau mengatakan: “Allah Subhanahu wa Ta’ala melaknati perempuan-perempuan yg mentato dan yg minta ditato yg mencabut/mencukur rambut dan yg mengikir gigi utk memperindah. Perempuan-perempuan yg mengubah ciptaan Allah Subhanahu wa Ta’ala.”

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
20 September 2011 at 00:15 delete

dr jawaban d atas,apa mencabut/mencukur rambut jg haram???????????????

Reply
avatar
Mamet
AUTHOR
21 November 2011 at 03:10 delete

Mau tanya,, kalo ada preman bertatto tapi sadar pengen tobat ke jalan yg bnar,, tetap ga bisa dong..?

Reply
avatar
ARIF'S
AUTHOR
22 November 2011 at 21:12 delete

@Mamet Cuma allah SWT yang maha mengetahui.. tapi selayaknya mesti dicoba oleh si preman karena yang menentukan hanya allah saja.

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
8 March 2012 at 16:40 delete

Nice statemant...
Ijin di share dalam akun Facebook saya...

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
17 March 2012 at 12:44 delete

hahaha yg di sebut hadist di atas hanya perempuan bagaimana dengan laki?? 1 lagi menurut hadits di atas tato di haramkan karena tidak mensyukuri ciptaan Allah lalu bagaimana dengan lipstik bedak kawat gigi bukankah itu jga hal yg sama tidak mensyukuri ciptaan Allah.?? semua orang telah memakai.lipstik bahkan kawat gigi so menurut hadits di atas semua wanita telah di laknat?? sepertinya hdist di atas perlu di kaji lagi shohih atau tidak.. jangan sampai hadits ecek2 menjadi panutan org muslim yg hanya akan menimbulkan permusuhan..
1 lagi.. terlepas dri halal haram mentato org bertato menurut fikih sah beribadah kenapa?? tinta tato masuk kedalam kulit jadi adanya tato tdak menghalangi saat berwudlu atau mandi junub. dan juga tato pun tidak menghalangi muslim untuk naik haji... wass

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
27 April 2012 at 14:28 delete

Saya juga agak bingung, mentato/merajah diharamkan, tetapi jika wudhu/mandi junub dengan tato terukir di badan dianggap sah. Sedangkan fungsi wudhu sendiri adalah menyucikan diri dari hal najis (berarti kalau tato dianggap 'sukses' melewati tahap penyucian diri, tato sndiri sudah tidak najis dong?) Sedangkan tato juga diharamkan karena katanya mengandung najis (tinta menyatu dengan darah). Lalu bagaimana dengan laki2? Apakah mereka boleh menyambung rambut, mentato, dan mengikir gigi? Mohon pencerahannya. Wassalam.

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
18 May 2012 at 00:34 delete

hmm tinta ny haram??

Reply
avatar
Denny Irawan
AUTHOR
24 May 2012 at 16:15 delete

menurut saya tato itu adalah seni dan keindahan yg di abadikan si pemilik di tubuh nya sendiri dan tidak merugikan orang lain..dg tidak bermaksud merubah atau tidak bersyukur atas karunia ALLAH yg sudah di berikan. (tattooan baik hati,pekerja keras, pandai menabung,rajin beramal,shalat 5 waktu dan jadi idola mertua itu lebih baik dari pada bersorban tidak bekerja, teriak2 ngancam2 orang,bikin rusuh dan demo lady gaga biar nggak manggung di indonesia).. saya pilih bertattoo saja.

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
24 May 2012 at 16:20 delete

@Anonymous tintanya haram kalo mengandung borak,formalin dan pewarna pakaian.. o iya tanya juga tintanya mengandung lemak babi nggak??trs ada sertifikat halal nya nggak dr MUI kl nggak ada berarti haram..

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
25 May 2012 at 10:58 delete

banyak pendapat jadi bingung..
kurang mantap jadinya..

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
25 May 2012 at 21:40 delete

Just doit ....
Allah maha mengetahui.
Yg penting jadi moslem.
. Tidak menyekutukan allah.
.selalu menjalankan perintahnya.
. Tidak merugikan dan menyakiti sesama manusia.
Selalu berbuat baik dan membela kebenaran
Tatto lakukan saja kalau memang sudah mantab dan yakin.
Yg di nilai oleh allah adalah amal ibadahnya . Bukan tattonya.
Yg passti jangan kau tatto hatimu

Reply
avatar

Maaf untuk komentar saya aktifkan moderasi, ini untuk menghindari komentar spam yg tidak berhubungan dengan artikel yag di komentari. EmoticonEmoticon